Ketua TP PKK Kota Batam buka Karhisu Expo 2014

Batam, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Batam, Ny. Mariana Ahmad Dahlan membuka Kartini High School (Karhisu) Expo 2014, Jum’at (17/1) di pendopo SMA Kartini Seraya, Batam.

Karhisu Expo merupakan kegiatan yang mengkolaborasikan atau mengkombinasikan kegiatan pendidikan atau akademis dengan kegiatan talent atau non akademis. Pada expo perdana ini  kegiatan yang digelar meliputi edu fair, job fair, bazar dan lomba talent anak-anak SMP, SMK dan SMA se kota Batam.

Ny. Mariana mengawali sambutannya dengan mengucapkan selamat ulang tahun ke- 35 kepada YKB Batam. Karhisu Expo yang merupakan salah satu kegiatan rangkaian ulang tahun YKB pada tahun ini menurutnya sebagai sarana untuk mendorong dan memotivasi siswa siswi cerdas dalam meraih cita-cita yang diinginkannya. Melalui kegiatan ini YKB diharapkan dapat memfasilitasi dan memotivasi siswa dan orang tua murid dalam menghadapi dilemma menentukan pilihan yang tepat terhadap berbagai pilihan dan tawaran.

“Adanya Karhisu Expo ini bisa menjadi arahan dan bimbingan dalam menentukan pilihan yang pada akhirnya nanti kan berdampak pada keberhasilan anak,” kata Ny. Mariana.

Kepada para siswa yang nantinya akan melanjutkan pendidikan ke universitas, ada beberapa kiat yang disampaikan istri Walikota Batam ini dalam memilih program studi, yakni pertimbangkan potensi meliputi minat dan bakat, prestasidiantara bidang studi, kondisi dan situasi ekonomi orang tua, keberadaan perguruan tinggi, ketersediaan lapangan pekerjaan setelah lulus. Selanjutnya langkah penentuan opsi jurusan prioritas dengan melakukan diskusi dan mengumpulkan berbagai referensi.

“Jangan sampai kita kuliah dengan tidak punya kiblat dan keyakinan, hanya asal-asalan saja,” tegas Ny. Mariana.

Dalam kesempatan tersebut, Ny. Mariana meminta panitia untuk mempublikasikan Karhisu expo keseluruh media agar siswa yang bersekolah di hinterland juga dapat mengetahui dan memanfaatkan informasi yang sangat bermanfaat ini.

Ketua panitia sekaligus kepala SMA Kartini Batam, Retno mengatakan Karhisu Expo 2014 ini merupakan expo perdana dan direncanakan akan digelar setiap tahunnya. Karhisu Expo ini menjadi sebuah nilai jual bagi sekolah Kartini yang ingin terus mengembangkan aktifitas anak-anak dan membantu masyarakat dalam memberikan informasi edu fair berupa informasi sekolah, bursa sekolah dan biro konsultasi dari psikolog agar anak-anak memilih perguruan tinggi yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat,” sebutnya.

Masih kata Retno, sebanyak 14 universitas dari dalam dan luar negeri ikut serta dalam kegiatan edu fair, diantaranya berasal dari Malaysia, Singapura, Australia, Bandung, Jakarta dan UIB Batam.

Sementara sekretaris komite, Ramli menyampaikan terima kasihnya kepada sekolah Kartini Batam yang setiap tahunnya terus berupaya untuk menciptakan  kreasi baru tidak hanya dalam bidang ilmu pengetahuan tetapi juga dalam pengembangan talenta para siswa.

“Seperti penyelenggaraan Karhisu Expo 2014 ini yang mengkombinasikan education atau pendidikan dan kegiatan perlombaan menyangkut talenta,” ujar Ramli.

Usai membuka acara, Ny. Mariana beserta rombongan menikmati atraksi marching band dan pentas seni dilanjutkan peninjauan ke seluruh stand bazar. Di stand science club SMA Kartini Batam dirinya melakukan uji golongan darah yang dilakukan siswa SMA Kartini Batam.

Hadir dalam acara tersebut Kepala BPPKB Kota Batam, Nurmadiah, perwakilan Diknas Kota Batam, Juriah, pengurus Pokja I TP PKK Kota Batam, Ny. Nilawati Heriman, Ketua Pokja II, Ny. Erlita Amsakar, Ketua Pokja IV, Ny. Esse Chandra, pengurus yayasan keluarga Batam, para guru dan perwakilan universitas pengamat pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>