Kreasikan Singkong Melalui Lomba Cipta Menu 3B

BATAM- Sebagai usaha menciptakan keluarga sehat dan generasi yang cerdas, Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kota Batam menyelenggarakan lomba Cipta Menu 3 B (Beragam, Bergizi dan Berimbang). Acara yang mengusung tema “Dengan Semangat Kebersamaan Melalui Lomba Cipta Menu 3B, Kita Wujudkan Keluarga Harmonis Bahagia dan Sejahtera” diselenggarakan di BCS Mall, Senin (21/4). Acara yang dibuka oleh Asisten Administrasi Umum, Maaz Ismail dan dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam, Ny. Mariana Dahlan. Selain lomba cipta menu 3B, juga diselenggarakan Lomba Menu Nusantara dan Bazar Jajanan Pasar. Ketua Pelaksana acara, Ny. Urmawati dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan kesadaran masyarakat akan pentingnya komsumsi menu 3B untuk meningkatkan kreativitas masyarakat bagi masyarakat umum dan khususnya bagi ibu rumah tangga. Acara ini berada dibawah naungan Pokja III PKK Kota Batam yang diketuai oleh Ny. Danti Nurman.

“Disamping itu juga untuk membiasakan masyarakat agar mengkonsumsi menu 3B dengan memanfaatkan sumber makanan yang ada di sekitarnya,” ujar Urmawati.

Adapun yang menjadi peserta Lomba Cipta Menu 3B adalah anggota Tim Penggerak PKK Kecamatan  se Kota Batam. Sementara untuk Lomba Menu Nusantara diikuti oleh 6 kelompok peserta yang merupakan Perwakilan Kelompok UPPKS Kota Batam (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera), yaitu kelompok binaan Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB yang mempunyai keterkaitan dengan Pokja II PKK. Pada lomba menu nusantara ini, peserta menyajikan menu dari berbagai daerah seperti Yogyakarta, Banyumasan, Surabaya dan Bangka. Urma mengatakan untuk lomba menu nusantara merupakan permintaan dari masyarakat sehingga panitia menyelenggarakan lomba yang disejalankan dengan Hari Keluarga Nasional. Adapun yang menjadi penilaian dari Dewan Juri adalah kreatifitas yang terdiri dari jenis bahan pangan, daya cipta resep dan kesesuaian menu. Kemudian penampilan penyajian yang menilai hasil olahan, tata saji, kebersihan dan cita rasa (untuk penilaian umum). Secara khusus, Juri juga menilai pemanfaatan Tanaman Lokal dan pengembangan resep pangan lokal.

“Menu yang disajikan dibuat dari bahan singkong, disini masyarakat mengelola bahan pangan yang ada disekelilingnya. Makanan yang disajikan yakni menu untuk tiga hari dan Juri juga akan menilai dari kecukupan gizinya,” jelas Ny. Urma.

Dalam sambutannya, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam, Ny. Mariana Dahlan mengatakan bahwa salah satu program pokok PKK adalah meningkatkan pola hidup yang berkualitas dan sehat. Menurutnya, ini merupakan faktor penentu dalam upaya meningkatkan produktivitas pembangunan, khususnya pembangunan di Kota Batam. Tentunya harus dengan membangun sumber daya manusia, agar memiliki budaya makan dan hidup sehat yang diharapkan dalam pengelolaan makanan baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat agar mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi dan berimbang. Lomba 3B ini bertujuan untuk mendorong serta memotivasi masyarakat agar membiasakan untuk hidup sehat dan seimbang serta untuk meningkatkan pemahaman tentang komsumsi pangan yang beragam, bergizi dan berimbang.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuh kembangkan makanan non beras dari pangan lokal Batam. Saya mempunyai keinginan agar seluruh masyarakat dapat memahami bagaimana pola makan yang baik untuk menunjang menu keluarga sehari-hari tentunya dengan memanfaatkan pangan lokal dengan biaya yang ekonomis,” paparnya.

Bicara mengenai tingkat kesehatan perempuan di Kota Batam, Ny. Mariana mengatakan sudah memenuhi standar gizi. Untuk mengetahui hal tersebut, menurutnya Tim Penggerak PKK Kota Batam terus memantau kondisi perempuan di Kota Batam tentunya melalui program kegiatan yang telah ditetapkan dan berkoordinasi dengan instansi terkait. Adapun bentuk pembinaan yang diberikan yakni dengan melakukan kunjungan dan berdialog langsung dengan masyarakat, memberikan layanan KB gratis dan kegiatan Posyandu serta Lansia. Melalui acara lomba cipta menu 3B ini Mariana berharap agar seluruh ibu yang ada di Kota Batam senantiasa menyediakan makanan yang bergizi 4 sehat 5 sempurna bagi keluarganya. Dengan demikian maka akan tercipta generasi yang sehat dan cerdas.

Pada kesempatan itu, Ny. Mariana didampingi Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB, Ny. Nurmadiah meninjau langsung ke masing-masing meja peserta yang telah siap menghidangkan menu makanannya. Aneka ragam menu yang disajikan, mulai dari Kue Lapis Singkong, Burger Singkong, Lontong Sayur Singkong, Pizza Singkong, Mie Singkong, Puding Singkong, Cake Singkong dan makanan pendamping yang memenuhi standard 3B, 4 Sehat 5 Sempurna. Sementara dari lomba Menu Masakan Nusantara, peserta menyajikan makanan khas dari masing-masing Daerah. Seperti Otak-Otak dari Bangka dan Nasi Rawon dari Jawa Timur, Gudeg dari Yogya dan lain-lain.

Setelah para juri memberikan penilaian, maka keluar sebagai juara harapan III untuk Lomba Cipta Menu 3B adalah dari Kecamatan Batam Kota, juara harapan II dari Kecamatan Sei Beduk dan juara harapan I dari Kecamatan Belakang Padang. Sementara untuk juara I nya adalah peserta dari Kecamatan Sekupang, juara II dari Kecamatan Batuaji dan juara III dari Kecamatan Lubuk Baja. Untuk lomba juara menu lomba nusantara juara III diraih oleh dua orang yakni menu masakan Bangka dan Nasi Rawon Jawa Timur. Kemudian untuk juara II yakni menu masakan dari Yogyakarta dan juara I yakni menu masakan Banyumas. Hadiah diserahkan langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam, Ny. Mariana Dahlan, dan Ny. Nurmadiah selaku Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB. Adapun hadiah yang diberikan berupa tropy, uang pembinaan, sertifikat serta bingkisan. Acara siang itu diisi dengan beragam hiburan yang melibatkan para peserta dan anggota Tim Penggerak PKK Kota Batam.

(crew_humas/dv)

Foto**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>