Pemerintah Tingkatkan Mutu Pendidikan dan Kualitas Guru

BATAM - Sebanyak 15 orang guru TK mendapat penghargaan atas peran aktifnya mengabdi selama lebih dari 15 tahun yang diserahkan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam, Ny Mariana Ahmad Dahlan didampingi Wakil Ketua I TP. PKK Kota Batam, Ny. Marlyn Agustina Rudi dan  Wakil Ketua II TP. PKK Kota Batam, Ny. Roza Maria Agussahiman. Penghargaan ini diberikan bersempena dengan perayaan hari ulang tahun IGTKI-PGRI ke-61 Propinsi Kepulauan Riau yang diselenggarakan pada Senin (23/5) di Golden Beach Bengkong.
Dalam kesempatan tersebut IGTHI-PGRI juga memberikan cendera mata kepada 4 orang  guru purna bhakti, masing-masing, Carlot Agustina dari TK Imanuel, Syamsiar dari TK Miftakhul Ulum, Yusniwati dari TK Al-Kaffah tapi saat purnabakti menduduki jabatan sebagai pengawas TK, dan Suharyati dari Al Masithah.

Saat menyampaikan laporannya, ketua panitia, Tasneti, S.Pd mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan satu rangkaian program kerja IGTKI Propinsi Kepri, yang menjadikan Kota Batam sebagai tuan rumah pada tahun ini. Beberapa rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan  dalam rangka HUT IGTKI-PGRI tahun 2011 antara lain seminar yang diikuti oleh seluruh anggota IGTKI-PGRI, lomba guru dengan metode cerita, lagu duet, paduan suara, finger printing serta kegiatan kebersamaan berupa out bound di Tanjung Pinggir Sekupang.

Sementara itu, Ketua IGTKI-PGRI Pusat, Farida Yusuf, M.Pd mengatakan IGTKI harus memperlihatkan eksistensinya dengan bekerja secara profesional sehingga keberadaannya diperhitungkan oleh pemerintah maupun ditengah masyarakat. Sejalan dengan tema yang diusung “Memacu peningkatan profesionalitas guru TK yang kompeten, sehat, sejahtera dan bermartabat”, Farida mengingatkan IGTKI agar menyatukan langkah dan bersinergi antar sesama pendidik untuk mewujudkan generasi calon pemimpin bangsa yang cerdas dan berdedikasi tinggi.

Ditambahkannya, beberapa waktu lalu terjadi reformasi birokrasi di Kementerian Pendidikan Nasional, dimana Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non formal (PTK-PNF) yang tadinya berada di Ditjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) dan selama ini bertugas melakukan pembinaan bagi forum-forum PTK –PNF seperti HIMAPUDI kini sudah berubah menjadi Direktorat Pembinaan Pendidik PAUD NI dan berada di bawah Dirjen PAUD NI yang dulunya Ditjen PNFI. Dengan adanya perubahan strukturisasi ini, Direktorat P2TK PAUD NI kini bertugas melakukan pembinaan Pendidik PAUD NI yang didalamnya ada Guru TK, Guru PAUD dan PTK PNF lainnya kecuali guru kesetaraan paket A,B dan C kini sudah berada di bawah pembinaan Ditjen Dikdas dan Ditjen Dikmen.

Abdul Latif, Kabid PMPTK mewakili Kadiknas. Propinsi Kepri dalam sambutannya mengatakan pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas guru di Propinsi Kepulauan Riau.  Melalui dana APBN dan APBDP tahun 2011, pemerintah telah menganggarkan dana sebesar 20 % untuk pembangunan sekolah baru termasuk renovasi gedung sehingga nantinya tidak ada lagi gedung sekolah yang kumuh dan bocor di Propinsi Kepri, ujar Latif. Lebih lanjut Latif mengatakan dalam rangka mewujudkan pendidikan di Kepri makin unggul dan berkualitas sekaligus menyikapi adanya ketentuan yang mengharuskan guru TK nantinya harus berpendidikan S-1, Dinas pendidikan Propinsi Kepri telah melakukan sejumlah terobosan. Dipaparkannya, pada tahun 2011 ini melalui dana APBD Kepri disediakan dana kualifikasi sebesar 12 M bagi 4000 guru se Propinsi Kepri yang belum berpendidikan S-1, dan diantaranya guru TK. Dari data yang ada, saat ini baru 11 % guru TK se Propinsi Kepri yang pendidikannya S-1.

Di penghujung acara, Ny. Mariana ikut memberikan kado ulang tahun untuk IGTKI-PGRI dengan menyanyikan lagu Himne Guru yang dinyanyikan bersama dengan Wakil Ketua I dan II Tim Penggerak PKK Kota Batam. Tampak hadir dalam kesempatan tersebut Camat Bengkong, Umiyati, SE,  Ketua PGRI Kepri, Ketua IGTKI Kabupaten dan Kota se Propinsi Kepri, Kabid PLS Dinas Pendidikan Kota Batam, Hasyimah Nyat Kadir dan sejumlah pengurus TP. PKK Kota Batam.  (humas_crew /nn–rs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>