Motivasi Peserta, Ketua TP. PKK Kota Batam Hadiri Jambore PKK Nasional

Jakarta, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam, Ny. Mariana Ahmad Dahlan didampingi Wakil Ketua II TP. PKK Kota Batam, Ny. Roza Agussahiman menghadiri pembukaan Jambore Kader PKK Tingkat Nasional Tahun 2012, pada Rabu (16/10). Ribuan kader PKK dari seluruh Indonesia memenuhi halaman Mercure hotel Ancol, Jakarta tempat digelarnya acara yang dibuka oleh Menteri Dalam Negeri sekaligus Ketua Dewan Penyantun TP. PKK Pusat, Gamawan Fauzi ditandai dengan pengguntingan pita serta pelepasan blon keudara.

Selain  menghadiri acara pembukaan, kehadiran Ny. Mariana sekaligus juga untuk memberikan dukungan  semangat kepada para kader peserta Jambore dari Provinsi Kepri, khususnya kader PKK Kota Batam yang ikut memperkuat di Jambore ini, demikian dikatakannya bersama Ketua TP PKK Provinsi Kepri,  Ny. Aisyah Sani. “Semoga kader PKK Kota Batam bisa memberikan yang terbaik”, kata Ny. Mariana. Usai acara pembukaan, Ny. Mariana meninjau bazaar dan stand UP2K dari peserta.

Ketua TP PKK Pusat, Ny. Vita Gamawan Fauzi  saat menyampaikan laporannya mengatakan peran serta masyarakat sangat diperlukan dalam mendukung dan mempercepat pembangunan.  Salah satu upayanya adalah melalui Gerakan TP PKK, yang memiliki kader mulai dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa/kelurahan, bahkan sampai ke Dasa wisma. “Diusia empat puluh tahun ini, jumlah kader PKK yang telah ikut menunjang pembangunan kesejahteraan keluarga di seluruh Indonesia berjumlah sekitar tiga juta orang”, sebut Ny. Vita.

Sejalan dengan tema Jambore tahun ini “Dengan Jambore Kader PKK kita tingkatkan profesionalisme kader dalam menyuluh dan menggerakkan masyarakat”, Ny. Vita menegaskan sebagai kader pembangunan seorang kader harus mampu menjadi kader yang tangguh dan memiliki wawasan luas. Oleh karenanya untuk meningkatkan wawasan serta rasa persatuan dan kesatuan, diperlukan adanya suatu forum interaksi antar kader di seluruh Indonesia, salah satunya melalui Jambore Kader PKK Tingkat Nasional.  Selain itu  Jambore juga dimaksudkan untuk memberikan penghargaan sekaligus motivasi kepada kader yang selama ini telah bekerja secara ikhlas tanpa pamrih dan tak kenal lelah dalam mewujudkan keluarga sejahtera  tambah Ny. Vita.

Peserta Jambore sebanyak 1.120 orang yang berasal dari TP. PKK Provinsi seluruh Indonesia, TP. PKK kabupaten/kota terpilih serta kader berprestasi dari kabupaten/kota terpilih yang akan mengikuti rangkaian kegiatan Jambore, jelas Ny. Vita. Beberapa perlombaan yang dilaksanakan pada Jambore kali ini, diantaranya adalah Parade/defile dari kontingen seluruh Indonesia, Lomba berkaitan 10 Program Pokok PKK, Pidato bagi ketua TP. PKK desa/kelurahan, Penyuluhan PKBN, Penyuluhan BKB, Lomba design baju kembaran daerah produk lokal, Lomba Posyandu TAT yang berasal dari 14 provinsi yang telah mengikuti Sosialisasi Posyandu TAT serta Lomba photo kegiatan. Selain lomba-lomba juga digelar atraksi kesenian dari masing-masing daerah, penyerahan hadiah lomba cuci tangan pakai sabun yang telah digelar beberapa waktu lalu, pameran produk UP2K juga bazaar dari peserta, pungkas Ny. Vita.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi menyampaikan apresiasinya kepada kader PKK diseluruh Indonesia yang telah memberikan dukungan dalam pemberdayaan masyarakat sampai ketingkat dasa wisma. Gamawan berharap kader PKK dapat membantu pemerintah dalam mewujudkan tujuh hal prinsip dari delapan tujuan Pembangunan Millenium (MDG’s), yakni menanggulangi kemiskinan dan kelaparan, menurunkan angka kematian bayi, menurunkan angka kematian ibu, mencapai pendidikan dasar, mendorong kesetaraan gender, kelestarian lingkungan hidup termasuk pencegahan penyakit menular. “Satu orang kader menyuluh 10 orang  di dasa wisma untuk mencapai target MDG’s”, ujar Gamawan. Oleh karenanya, untuk memberikan motivasi dan semangat bagi kader, Gamawan mendukung digelarnya Jambore setiap tahun.

Untuk pengentasan kemiskinan, Gamawan meminta kader PKK ikut berpartisipasi aktif dalam proses perencanaan pembangunan di wilayahnya. “Kepala Desa/Lurah agar mengundang kader PKK dalam kegiatan Musrenbang, guna menggerakkan masyarakat dari bawah dalam upaya penanggulangan kemiskinan”, kata Gamawan. Kedepan, untuk menggerakkan penduduk di desa/kelurahan, Gamawan berencana  menambah dana PNPM yang telah triliunan rupiah dikucurkan agar dikelola perempuan.

Selanjutnya Gamawan meminta para kader agar menjadikan Jambore ini sebagai ajang untuk saling tukar pengalaman antar sesama kader. “Ambil yang baik dan terapkan di wilayah masing-masing”, sebutnya. (*humas_crew rs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>