Legislatif Perempuan Diharapkan Kawal Aspirasi Kaum Perempuan

Batam, Wakil Ketua I Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Batam,  Ny. Marlin Agustina Rudi menghadiri  Workshop Peningkatan Kapasitas Perempuan dalam Politik, Selasa (13/11) di Golden View Hotel. Ketua panitia, Yuzia dalam laporannya mengatakan tema yang diangkat dalam workshop  tersebut  ”Dengan semangat hari pahlawan, kita tingkatkan peran perempuan sebagai pemilih yang cerdas serta menyikapi kuota 30 persen perempuan di lembaga legislatif di Kota Batam”.

Peserta workshop berjumlah 200 orang berasal dari organisasi wanita, anggota PKK, anggota Persatuan Istri Anggota Dewan (Piswan). Workshop tersebut menghadirkan nara sumber dari KPUD Provinsi Kepri, Den Yealta dan Kesbangpol Kota Batam, Yulidasril.

Sementara itu Walikota Batam, Ahmad Dahlan yang diwakili Asisten Administrasi Umum, M. Syahir berharap agar kegiatan serupa dapat berlanjut setiap tahun. Sehingga para peserta nantinya dapat menjadi pemilih yang cerdas atau bahkan dapat masuk dalam partai untuk menyuarakan suara perempuan. Dengan adanya perwakilan 30 persen perempuan di parlemen, akan bisa menyuarakan banyak kepentingan perempuan. Jangan sampai hal yang menyangkut keberadaan perempuan, tetapi keputusannya didominasi oleh kaum laki-laki. Tugas partai politik untuk melakukan rekrutmen para calon legislatif perempuannya untuk memenuhi kuota 30 persen.

“Caranya bisa dilakukan melalui organisasi-organisasi underbow atau ormas-ormas dan bisa juga melalui perwakilan-perwakilan daerah,” ujar Syahir.

Ny. Marlin menyambut baik digelarnya kegiatan tersebut dan berharap para peserta dapat memanfaatkan moment tersebut dengan baik. Jika nantinya peserta menjadi anggota legislatif, dirinya yakin jika legislatif perempuan akan tetap mengawal aspirasi dari para kaum ibu dan perempuan pada umumnya.

“Sayangnya, hingga sekarang banyak parpol yang masih kesulitan menjaring calon anggota legislatif (caleg) perempuan, terutama yang memiliki kapabilitas yang memadai,” kata Ny. Marlin.

Turut hadir Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Kota Batam, Ny. Nurmadiah dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Batam, Ny. Roza Maria Agussahiman.  (*humas_crew nn)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>